Text
Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan
Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telas ditetapkan.Penilaian kinerja pada dasarnya merupakan faktor kunci guna mengembangkan suatu organisasi secara efektif dan efesien,karena adanya kebijakan atau program yang lebih baik atas sumber daya manusia yang ada dalam organisasi.
Manajemen kinerja menurut Costello (1994) adalah dasar dan kekuatan pendorong yang berada dibelakang semua keputusan organisasi,usaha kerja,dan alokasi sumber daya.Sebagai prinsip dasar dalam manajemen kinerja adalah menghargai kejujuran,memberikan pelayanan,tanggung jawab,terdapat konsensus dan kerja sama,sifatnya berkelanjutan,terjadi komunikasi dua arah dan mendapatkan umpan balik.
setiap perusahaan selalu mengharapkan karyawannya mempunyai kinerja yang tinggi,karena dengan memiliki karyawan yang berkinerja tinggi akan memberikan sumbangan yang optimal bagi perusahaan.Selain itu,dengan memiliki karyawan yang berkinerja tinggi perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaannya.Penilaian kinerja adalah keahlian yang sulit dan sangat penting dari seorang penyelia.Terdapat empat tahapan utama dalam pelaksanaan manajemen kinerja yitu directing/planning,managing/supporting,review/appraising,developing/rewarding.Suatu sistem penillaian kinerja harus mampu menggambarkan secara akurat kinerja yang tipikal dari seorang karyawan.
Pada Edisi Revisi penulis menambah materi pada bab 9, 10 dan 11 yang menjelaskan masalah : penilaian kinerja pada masa pandemi Covid-19, dampak pandemi Covid-19 terhadap kehidupan karyawan, bekerja di rumah (Work from home/WFH), contoh kuesioner kinerja karyawan dan contoh test kemampuan karyawan.
Tidak tersedia versi lain